0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 

GBPUSD Masih Nampak Pertahankan Trend Naik Di Tengah Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

Forex
22 Februari 2021 | 10:00 WIB
GBPUSD Berpeluang melanjutkan kenaikan di pekan ini, menjelang akhir bulan Februari, masih didukung optimisme pasar terhadap pemulihan ekonomi di tengah pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Bila pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini berjalan lancar, diharapkan pemulihan ekonomi Inggris akan dicapai lebih cepat.

GBPUSD telah mencatat penguatan sejak bulan September 2020 lalu, saat pembahasan pemisahan diri Inggris dari Uni Eropa (Brexit), dimana walau di tengah penyebaran wabah Korona, optimisme pelaksanaan Brexit akan menguntungkan bagi ekonomi Inggris menjadi pendorong permintaan terhadap mata uang  Poundsterling. Pernyataan perdana menteri Inggris, Boris Johnson, untuk segera menlonggarkan lockdown di negaranya, juga berpeluang membantu minat pasar pada mata uang Poundsterling. Johnson merencanakan para pelajar Inggris dapat kembali bersekolah pada tanggal 8 Maret 2021.

Ditambahkan dengan pernyataan pemerintah Jerman, sebagai negara dengan ekonomi terkuat di Zona Euro, bahwa kondisi ekonomi Jerman makin memburuk di tengah wabah Korona, membantu menopang minat  pada Poundsterling dibandingkan mata uang Euro sejak awal tahun 2021 ini, setelah resmi keluarnya Inggris dari Zona Euro.

Dari AS, rencana stimulus fiskal yang besar dan kenaikan nilai imbal hasil obligasi AS yang membantu kenaikan indeks dollar AS, tidak memberikan dampak buruk bagi nilai tukar GBPUSD, yang 3 pekan terakhir masih mencatat kenaikan. Pemerintah AS merencanakan akan mencairkan dana bantuan sebesar $1.9 triliun untuk membantu meringankan beban rakyat dari wabah Korona. Bila Senat AS menyetujui, maka dalam pekan ini stimulus fiskal AS dapat di-sah-kan oleh presiden AS, Joe Biden. Tetapi pasar juga mewaspadai kenaikan nilai imbal balik obligasi pemerintah AS, untuk tenor10 tahunnya yang mencatat rekor tertinggi di tahun ini pada kisaran 1.37% di pagi hari Senin (22/2).

Secara Teknikal:

 Pada chart Daily, GBPUSD masih menunjukkan trend naik. Menembus ke atas level  1.4100, GBPUSD berpeluang menguji level resisten 1.4250. Indikator  oscillator pendukung, seperti Stochastic, RSI, dan MACD menunjukkan sinyal bullish, mendukung peluang naik. Sedangkan level 1.3555 dan 1.3796 (MA21) menjadi level support, dan sinyal balik arah bila harga turun ke bawah level 1.3370.

Pada chart Weekly, Trend naik GBPUSD masih nampak berlanjut dengan level resisten pada kisaran 1.4400.  Indikator  oscillator pendukung, seperti Stochastic, RSI, dan MACD juga menunjukkan sinyal yang dominan bullish. Level support terdekat pada 1.3730 dan selanjutnya di 1.3460. Dengan sinyal balik arah turun jika harga bergerak menembus ke bawah level 1.3035.
Fokus data dan event pekan ini untuk GBPUSD :

No.

TANGGAL

DATA / EVENT

1

Selasa, 23 Februari 2021, 14:00 WIB

Claimant Count Change

Average Earnings Index 3m/y

Unemployment Rate

Selasa, 23 Februari 2021, 18:00 WIB

CBI Realized Sales

2

Rabu, 24 Februari 2021, 19:00 WIB

MPC Member Haldane Speaks

RELATED NEWS

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI