0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 

Harga Emas Membidik Kenaikan Terbesar Bulanan Dalam 4-Tahun Terakhir Karena Covid-19 dan Melemahnya Dolar AS

Commodity
31 Juli 2020 | 10:31 WIB

Harga emas pada hari Jumat (31/7) berada di jalur untuk kenaikan bulanan terbaik mereka dalam empat tahun terakhir, karena melemahnya dolar AS dan kekhawatiran terhadap penurunan ekonomi global yang disebabkan meningkatnya kasus Covid-19 yang mendorong investor untuk memburu aset safe haven emas. 

Harga emas spot pukul 10:29 WIB bergerak menguat sekitar 0,4% di level $1968.84/onz. Harga emas telah naik sekitar 10% di sepanjang bulan ini, ini menjadi kenaikan dalam tingkat persentase terbesar sejak Februari 2016. Logam mulia juga berada di jalur untuk kenaikan mingguan kedelapan beruntun. 

Indeks dolar AS melemah sekitar 0,3% ke level terendah lebih dari dua tahun terhadap berbagai mata uang utama setelah Presiden AS Donald Trump menyarankan pemilu di tunda. Melemahnya dolar AS membuat harga emas menjadi lebih murah untuk pemilik mata uang lainnya. 

Berdasarkan hitungan Reuters, sudah lebih dari 17.15 juta orang yang dilaporkan terinfeksi virus korona secara global dan telah sebanyak 668.419 orang yang meninggal dunia. 

Lonjakan kasus Covid-19 di Amerika Serikat telah meredam harapan untuk pemulihan ekonomi yang lebih cepat, mendorong tingginya permintaan terhadap aset safe haven seperti emas, yang harganya telah naik lebih dari 28% di sepanjang tahun ini. 

Yang menunjukkan dampak dari virus adalah GDP Amerika Serikat berkontraksi sebesar 32.9% pada tingkat tahunan di kuartal kedua, ini merupakan penurunan terbesar sejak pemerintah mulai mencatat di tahun 1947, ungkap Departemen Perdagangan AS. 

Emas sendiri biasanya digunakan sebagai aset safe haven ketika terjadi ketidakpastian politik dan keuangan.

RELATED NEWS

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI