0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 

Ditopang Terkoreksinya Dollar AS dan Tingkat Imbal Hasil Obligasi AS, Harga Emas Bergerak Naik

Commodity
1 April 2021 | 19:25 WIB
Harga emas bergerak naik pada hari Kamis (1/4) karena terkoreksinya kinerja dollar AS dan tingkat imbal hasil obligasi AS yang membantu emas kembali mendapatkan daya tariknya sebagai aset lindung terhadap inflasi dibalik latar belakang rencana investasi infrastruktur dari Presiden AS Joe Biden yang bernilai triliunan dollar AS.

Harga emas spot pukul 19:20 WIB terpantau menguat 0,5% di level $1715,92/onz, setelah menyentuh level terendah sejak 8 Maret di $1677.75/onz pada hari Rabu.

Analis pasar di salah satu bank Tiongkok mengatakan bahwa kekuatan dollar dan tingkat imbal hasil obligasi AS yang telah mendorong harga emas lebih rendah di awal pekan ini telah berkurang dan kami juga melihat beberapa pembelian saat harga turun.

Dia juga menambahkan bahwa fokus pasar saat ini bergeser ke prospek inflasi yang potensial setelah dirilisnya detail rencana infrastruktur Biden. Namun, saya mengatakan bahwa saat ini bukan pembalikan besar tren harga emas. Kenaikan harga emas masih akan terbatas karena kenaikan tingkat imbal hasil obligasi AS yang bertenor 10 tahun.

Indeks dollar telah melemah dari level tertinggi lima bulan, membuat harga emas menjadi lebih murah untuk pemilik mata uang lainnya.

Sementara itu tingkat imbal hasil juga bergerak turun. Pada hari Rabu, Biden telah mengumumkan rencana kerjanya yang telah lama ditunggu yang senilai $2 triliun, yang termasuk $621 miliar untuk membangun infrastruktur.

Beberapa investor melihat emas sebagai aset lindung terhadap inflasi yang tinggi yang dapat terjadi setelah langkah-langkah stimulus. Namun, dengan tingkat imbal hasil yang lebih tinggi dapat meredupkan daya tarik dari komoditas emas yang tidak memiliki imbal hasil.

RELATED NEWS

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI