0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 

Acuhkan Laporan Ekonomi AS; Harga Emas Naik Karena Yield Melemah

Commodity
15 April 2021 | 20:40 WIB

Harga emas naik di malam hari Kamis (15/4) setelah laporan ekonomi AS yang lebih baik dari ekspektasi, didukung turunnya tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS hari ini.

Laporan Retail Sales AS dirilis naik 9.8%, lebih baik dari ekspektasi 5.8%, dan klaim pengangguran turun menjadi 576K dari ekspektasi 703K. Data-data tersebut cukup menjaga dolar AS menguat terhadap 6 mata uang utama dunia. Tetapi harga emas masih menguat dan mencatat level tertinggi 1752.09 setelah data dirilis.

Di bulan April ini, tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS nampak bergerak stabil walau bertahan di level tinggi, setelah penguatan di bulan Maret lalu. Di bulan Maret, harga emas tertekan melemah dan menguji ke bawah level $1700, walau nampak gagal, dan menempatkan level tersebut sebagai level $support sentimen pasar saat ini.

Pendukung menguatnya harga emas termasuk pernyataan dari gubernur The Federal Reserve, Jerome Powell, semalam yang kembali mengukuhkan tidak akan meningkatkan tingkat suku bunga acuan hingga tahun 2022 nanti. Di tengah program stimulus moneter dan fiskal yang berlanjut untuk menopang pemulihan ekonomi AS, dengan ekspektasi hingga 2024 mendatang, dolar AS terancam melemah.

Saat ini, dolar AS masih diminati oleh pelaku pasar, didukung harapan pemulihan ekonomi AS akan berlangsung lebih cepat dengan program stimulus tersebut. Hal ini juga menopang Bursa Wall Street mernguat di malam hari setelah perilisan data tersebut. Indeks Dow Jones & S&P menguat, sedangkan Nasdaq yang juga ditopang kabar kerja sama AS - Jepang melanjutkan kenaikan siang hari tadi.

Harga emas telah mencatat level tinggi $1755.47 saat penulisan.

RELATED NEWS

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI