0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Utang Pemerintah AS Capai Rekor Baru

World Economy
20 Maret 2019 | 15:25 WIB

Pertumbuhan utang pemerintah AS melampaui pertumbuhan ekonomi nasional dan mencapai rekor baru $ 22 triliun di bawah Presiden Donald Trump tetapi Partai Republik yang secara tradisional menentang utang dan defisit tetap bungkam.

Jumlah pinjaman untuk menutupi defisit kronis serta pembayaran bunga yang meningkat, jumlah utang ini sudah mencapai $ 19,95 triliun ketika Trump memasuki Gedung Putih, mencapai jumlah yang setara dengan PDB AS untuk pertama kalinya sejak Perang Dunia II.

Sebagai perbandingan, utang Prancis, yang juga hampir sama dengan PDB-nya, berjumlah kurang lebih 2,3 triliun euro (sekitar $ 2,6 triliun) pada akhir September.

Pemotongan pajak perusahaan besar-besaran yang didorong oleh Trump pada akhir 2017, dan lonjakan pengeluaran, terutama dalam pertahanan, telah meningkatkan defisit fiskal untuk ekonomi terbesar di dunia.

"Jika kita tidak memiliki militer yang kuat, Anda tidak perlu khawatir tentang utang, Anda memiliki masalah yang lebih besar," kata Trump kepada wartawan pekan lalu.

Pejabat pemerintah terus berargumen bahwa pemotongan pajak, yang diperkirakan akan memperbesar defisit sebesar $ 1,5 triliun selama 10 tahun, akan terbayar sendiri dengan mendorong pertumbuhan ekonomi dan dengan demikian meningkatkan pendapatan pajak.

Tetapi meskipun pertumbuhannya lebih cepat, defisit anggaran naik 17 persen menjadi $ 779 miliar tahun lalu, yang terburuk sejak 2012. Dan menurut Kantor Anggaran Kongres (CBO) non-partisan, defisit diperkirakan akan melebar lebih lanjut tahun ini menjadi $ 900 miliar.

Amerika Serikat mengalami surplus anggaran selama empat tahun di bawah presiden Demokrat Bill Clinton, di tengah ekonomi yang sedang booming, tetapi perang di Irak di bawah Republik George W. Bush sekali lagi menjerumuskan keuangan federal menjadi merah.

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI