0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Terdampak Perang Dagang, Pertumbuhan Output Industri China di Mei Terlemah Sejak 2002

World Economy
14 Juli 2019 | 18:57 WIB

Ekonomi China memperlihatkan lebih banyak tanda-tanda peringatan pada Mei ketika Amerika Serikat meningkatkan tekanan perdagangan, dengan pertumbuhan hasil industri secara tak terduga melambat ke level terendah lebih dari 17 tahun dan perlambatan jumlah investasi, menggarisbawahi perlunya stimulus lebih.

Beberapa jam setelah data yang sangat lemah, bank sentral China mengumumkan 300 miliar yuan ($ 43 miliar) dalam dukungan baru untuk bank-bank kecil, meskipun analis memperkirakan langkah-langkah lebih luas dalam beberapa bulan mendatang jika sengketa perdagangan AS-China semakin meningkat.

Meskipun ada banyak langkah dukungan sejak tahun lalu, ekonomi China masih berjuang untuk kembali pada pijakan yang lebih kuat, dan investor khawatir perang perdagangan yang lebih lama dan lebih mahal antara dua ekonomi terbesar dunia dapat memicu resesi global.

Output industri tumbuh 5,0 persen pada Mei dari tahun sebelumnya, data dari Biro Statistik Nasional menunjukkan pada hari Jumat, kehilangan ekspektasi analis sebesar 5,5% dan jauh di bawah pertumbuhan 5,4% di April lalu.

Angka itu adalah yang terlemah sejak awal 2002, dan ekspor merupakan hambatan besar, hanya menunjukkan pertumbuhan terbatas.

Investasi aset tetap juga tumbuh kurang dari yang diharapkan, memperkuat harapan bahwa Beijing perlu segera meluncurkan lebih banyak langkah stimulus.

"Kelemahan dalam data aktivitas Mei dan April menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi kemungkinan akan melambat di kuartal ini dan meningkatkan kemungkinan pelonggaran moneter tambahan dalam beberapa bulan mendatang," kata Capital Economics dalam sebuah catatan.

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI