0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Serangan Militer Ukraina Hancurkan Risk Appetite Investor

World Economy
2 Juni 2014 | 22:48 WIB

Monexnews - Minat terhadap aset berisiko investor sempat naik setelah Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan ekonomi AS pada bulan April menciptakan 288.000 pekerjaan, menjadi yang terbesar dalam dua tahun terakhir, sementara tingkat pengangguran turun menjadi 6,3% dari bulan Maret sebesar 6,7%. Data tersebut juga di atas estimasi ekonom sebesar 210.000 untuk NFP dan 6,6% untuk tingkat pengangguran.

Data tersebut membuat bursa saham berada pada teritori positif, namun risk appetite investor tersebut mendadak runtuh setelah Ukraina kembali melancarkan serangan militer kepada kelompok separatis pro-Rusia untuk merebut kembali kota Slovyansk. Menteri Dalam Negeri Ukraina, Arsen Avakov, mengatakan operasi tersebut akan dilakukan secara hati-hati untuk menghindari korban warga sipil. Namun juru bicara Presiden Rusia menuduh Ukraina menggunakan pesawat tempur untuk melancarkan serangan ke kota tersebut, dan mengatakan operasi dari Ukraina sebagai serangan “kriminal”  sehingga merusak kesepakatan di Jenewa untuk mengurangi gejolak di Ukraina. Setidaknya dua helikopter pasukan Ukraina dilaporkan berhasil ditembak jatuh dan menewaskan pasukan di dalamnya akibat perang yang terjadi antara kedua belah pihak. Rusia dikabarkan meminta Dewan Keamanan PBB untuk mengadakan rapat darurat terkait situasi di Ukraina.

Kembali meningkatnya ketegangan di Ukraina membuat investor beralih ke aset safe haven, emas yang sebelumnya merosot tajam kini berbalik menguat dan bertahan dekat level $1.300. Yen dan franc yang dianggap sebagai mata uang safe haven juga berbalik menguat terhadap dollar. Sementara Bursa saham AS kini terpantau berada di teritori negatif. (pap)

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI