0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Proyeksi Kenaikan Suku Bunga ECB Terbatas Masalah Anggaran Italia

World Economy
23 November 2018 | 20:42 WIB

European Central Bank (ECB) diproyeksikan akan menaikkan suku bunga acuannya pada musim panas mendatang atau sekitar bulan Juni-Juli 2019. Meski begitu, permasalahan anggaran Italia dinilai dapat menahan proyeksi kebijakan tersebut. Pasalnya, selain karena anggaran Italia yang dinilai melampaui dari target Komisi Eropa, anggaran tersebut juga diindikasikan akan ditolak dan dikembalikan.

Dampak dari permasalahan tersebut, yield bond Italia melemah cukup tajam. Hal inilah yang dinilai para analis akan mengganggu normalisasi kebijakan moneter yang akan dilakukan oleh ECB. Hal ini juga yang masih menahan kekuatan mata uang euro menjelang akhir tahun ini.

Memanasnya permasalahan ini terlihat meningkat antara Italia dan Komisi Eropa saat Dewan Eropa memberlakukan "Excessive Deficit Procedure" atau Prosedur Defisit Berlebih terhadap Italia. Mengingat angka hutang Italia sudah melampaui batas dari angka GDP negaranya.

Dengan begini, mengingat akan semakin lebar gap kebijakan moneter antara ECB dan The Fed, maka euro masih berpotensi semakin tertekan. Seperti diketahui bahwa The Fed masih akan secara agresif menaikkan suku bunganya hingga tahun 2019 mendatang.

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI