0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Pertumbuhan Ekonomi China Tahun Lalu Paling Lambat dalam 10 Tahun

World Economy
18 Februari 2019 | 17:17 WIB

Ekonomi China tumbuh pada laju paling lambat dalam hampir tiga dekade pada tahun 2018, demikian prediksi para analis dalam jajak pendapat AFP. Ekonomi China mengalami hantaman ketika pemerintah berjuang untuk menahan hutang yang membengkak dan perang dagang dengan AS yang merusak output industri.

Survei terhadap 13 ekonom juga memperkirakan ekspansi dalam tiga bulan terakhir akan berada pada titik terlemah sejak krisis keuangan global 10 tahun lalu.

Angka-angka ini adalah yang terbaru dalam tren jangka panjang yang telah mendorong para pejabat untuk bersumpah mereka tidak akan membiarkan ekonomi "jatuh dari tebing" dan mengumumkan langkah-langkah dukungan termasuk pemotongan pajak dan melonggarkan perbankan menyalurkan kredit ke masyarakat dengan memotong syarat cadangan kas perbankan untuk kedua kalinya di tahun ini.

Para ekonom memprediksi GDP China hanya tumbuh 6,6 persen selama tahun lalu, menjadikannya sebagai yang terburuk sejak 1990, ketika ekonomi terkontraksi sebagai akibat ketidakstabilan politik pasca-penumpasan demonstrasi mahasiswa di Lapangan Tiananmen setahun sebelumnya.

"Momentum ekonomi jelas melambat," kata Raymond Yeung, ekonom di bank ANZ.

Ekonom di China dan luar negeri telah lama menduga data dari pemerintah China di-markup, dengan  seringkali pemerintah menghibur diri dengan mengatakan target GDP berhasil dicapai.

Sebuah lembaga think tank bisnis global yang sangat dihormati, Conference Board yang berbasis di AS, mengatakan metodologinya menunjukkan pertumbuhan GDP China hanya 4,1 persen di tahun lalu.

Hubungan dengan mitra dagang utama Amerika Serikat memburuk tajam tahun lalu setelah Presiden Donald Trump mengenakan tarif pada sekitar setengah jumlah impor dari China dalam upaya untuk memaksa konsesi perdagangan dari Beijing.

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI