0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Partai Sosialis Menangkan Pemilu Spanyol, Namun Tidak Menguasai Mayoritas Parlemen

World Economy
29 Mei 2019 | 07:48 WIB
Partai Pekerja Sosialis Spanyol berhasil memenangkan kursi terbanyak dalam pemilihan parlemen pada hari Minggu namun tidak mencapai suara mayoritas yang diperlukan untuk membentuk sebuah pemerintahan sendiri. 

Berdasarkan perhitungan oleh kementrian dalam negeri dengan total sementara 95%, partai sosialis yang dipimpin oleh Perdana Menteri Pedro Sanchez telah meraih 123 kursi parlemen dari total 350. Sementara itu untuk partai Podemos mendapatkan 42 kursi, membuat kedua partai hanya kurang memiliki 11 kursi dari mayoritas. Ini berarti bahwa blok partai sayap kiri di negara tersebut belum memiliki keunggulan atas rivalnya sayap kanan dalam pemilihan umum nasional. 

Partai People Party (PP) konservatif sayap kanan meraih hanya 65 suara, dengan partai sayap kanan-tengah Ciudadanos meraih 57 kursi dan  partai sayap kanan lainnya Vox mendapatkan 24 kursi. 

Sanchez meminta untuk diadakan pemilu pada bulan Februari. Ini datang setelah partai independen yang pro katalan, yang sebelumnya menjadi pendukung minoritas pemerintahan Sanchez, bergabung dengan oposisi sayap kanan dan menolak usulan anggaran pemerintah tahun 2019. 

Sanchez telah memimpin pemerintahan untuk kurang dari setahun. Dia meraih kekuasaan pada bulan Juni 2018 setelah memenangkan voting no-confidence dari pemerintahan sebelumnya yang dipimpin oleh People Party, di bawah kepemimpinan Mariano Rajoy. Itu merupakan pemilu nasional Spanyol yang ketiga dalam empat tahun. 

Hasil jajak pendapat dalam beberapa pekan terakhir secara konsisten mengisyartkan bahwa partai sosialis pimpinan Sanchez akan meraih suara besar dalam pemilu, namun tidak cukup untuk partai tersebut memerintah sendirian. Jajak pendapat juga menunjukkan kehadiran partai sayap kanan yang cukup besar untuk pertama kalinya sejak dipimpin oleh diktator Jenderal Francisco Franco, yang memerintah Spanyol hingga kematiannya pada tahun 1975. 

Dalam beberapa pekan, jika tidak berlarut berberapa bulan, diskusi saat ini diperkirakan akan berjalan karena pihak-pihak yang bersebrangan berupaya membentuk aliansi untuk menciptakan pemerintahan koalisi.
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI