0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Ketegangan Perdagangan AS-Uni Eropa Menghangat Kembali

World Economy
31 September 2018 | 17:58 WIB

Presiden AS Donald Trump dikabarkan menolak usulan Uni Eropa untuk menghapus tarif impor mobil asal Eropa pada  Kamis kemarin. Ia menyebutkan kebijakan perdagangan UE "hampir sama buruknya dengan China".

Akibat pernyataan itu, Uni Eropa dikabarkan akan memberikan balasan Donald Trump mengingkari janjinya untuk tidak mengenakan tarif pada mobil impor, demikian Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker mengatakan hari ini, Jumat (31/8/2018).

Pernyataan Juncker sekaligus mengisyaratkan ketegangan hubungan perdagangan Uni Eropa dan AS meningkat lagi setelah di akhir Juli mulai mencair usai terjadinya kesepakatan kedua pihak untuk "gencatan senjata".

Juncker mengatakan bahwa Uni Eropa tidak akan membiarkan siapa pun menentukan kebijakan perdagangannya. Jika Washington memutuskan untuk memberlakukan tarif mobil, katanya, "maka kami juga akan melakukan itu".

Juncker mengatakan dia telah merundingkan "perjanjian gencatan senjata" dengan Trump pada Juli dan sementara kesepakatan semacam itu sering terancam berubah, padahal ia berharap kesepakatan itu seharusnya dihormati kedua pihak, seperti pada umumnya sebuah kesepakatan.

Usai kesepakatan Juli lalu kedua pihak tetap berselisih. Mulai dari sikap AS yang menolak pengangkatan hakim-hakim di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), tentang pemberlakuan tarif  dengan  alasan keamanan nasional dan tentang sikap keras Washington terhadap China.

Trump telah setuju pada bulan Juli untuk menahan tarif mobil 25 persen yang sebelumnya akan diterapkan pada mobil asal UE sambil kedua pihak merundingkan kembali untuk memotong hambatan perdagangan lainnya. Namun para pejabat UE semakin frustrasi dengan lambatnya kemajuan.

Berbicara kepada Parlemen Eropa pada hari Kamis, Komisaris Perdagangan Eropa Cecilia Malmstrom mengatakan Uni Eropa telah mengalami "perselisihan yang mendalam" dengan Amerika Serikat.

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI