0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Jepang Pertahankan Pembatasan Ekspor Chip ke Korea Selatan

World Economy
9 Agustus 2019 | 15:09 WIB

Jepang mendorong kembali pada hari Selasa terhadap seruan dari Korea Selatan untuk menghentikan pembatasan pada beberapa ekspor komponen berteknologi tinggi ke Korea, meningkatkan ketegangan dalam sengketa diplomatik yang telah berlangsung beberapa dekade yang mengancam untuk mengganggu pasokan chip memori dan smartphone global.

Tokyo mengatakan pekan lalu akan memperketat pembatasan ekspor tiga bahan yang digunakan dalam layar  dan chip smartphone, mengutip perselisihan dengan Seoul mengenai warga Korea Selatan yang dipaksa bekerja untuk perusahaan Jepang selama Perang Dunia Kedua.

Langkah tersebut, yang dapat menghantam raksasa teknologi Samsung Electronics (KS: 005930) dan SK Hynix (KS: 000660), antara lain, menyoroti pengaruh Jepang atas bagian vital dari rantai pasokan global yang sekarang digunakan pemerintah Jepang dimana chip sebagai alat tawar-menawar (bargaining chip).

"Apakah Jepang menerapkan langkah-langkah tambahan tergantung pada tanggapan Korea Selatan," Menteri Perindustrian Hiroshige Seko mengatakan pada konferensi pers setelah pertemuan kabinet.

Tokyo "tidak berpikir sama sekali" untuk menarik pembatasan ini dan mereka tidak melanggar aturan Organisasi Perdagangan Dunia, tambahnya.

Di Seoul, seorang pejabat pemerintah mengatakan seorang pejabat kementerian luar negeri Korea Selatan diperkirakan akan membahas pembatasan ini dengan rekannya di Washington.

Langkah Jepang ini dipercaya sebagai balasan atas keputusan pengadilan mengenai warga Korsel yang menuntut ganti rugi ke Jepang atas kerja paksa di perusahaan Jepang selama Perang Dunia II.  Hal ini diperkirakan akan memantik perang dagang dengan Korsel, menambah perang dagang sebelumnya AS-China.

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI