0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Jatuhnya Harga Minyak Disebabkan Pertumbuhan Ekonomi Emerging Market

World Economy
26 Desember 2018 | 14:01 WIB

Jatuhnya harga minyak mentah berjangka dalam beberapa minggu terakhir dipicu oleh lonjakan baru pertumbuhan pasokan yang melebihi permintaan. Namun ada yang berpendapat, penurunan harga minyak ini sebagai bagian dari membaiknya pasar aset berisiko di emerging market seperti mata uang dan saham Asia.

Pertumbuhan aset-aset tersebut telah berjalan dengan baik dalam beberapa tahun terakhir, didorong oleh pertumbuhan ekonomi di negara-negara seperti China, India dan Indonesia.

Tapi membengkaknya utang di banyak negara Asia, pengetatan kebijakan fiskal AS dan perang perdagangan China-AS telah mendorong investor untuk angkat kaki, menarik uang mereka keluar dari aset berisiko seperti minyak atau saham Asia dan malah beralih ke safe-havens seperti dollar AS.

Sebagai bagian dari pergeseran itu, pasar minyak telah kehilangan sepertiga dari nilainya sejak awal Oktober (LCoc1) (CLc1). Di bulan ini saja, minyak WTI berjangka turun lebih dari 21 persen, jalur untuk penurunan terbesar sejak Oktober 2008.

"Apa pun yang berdenominasi terhadap USD berada di bawah tekanan sekarang," kata Gregg McKenna, analis pasar lintas aset independen yang berbasis di Australia.

Dana berjumlah miliaran dolar telah ditarik dari minyak mentah berjangka. Banyak trader  melaporkan kapitulasi dan likuidasi posisi di pasar minyak berjangka, kata bank ANZ dalam catatan pada hari Senin.

Ia menambahkan bahwa posisi buy net untuk minyak mentah berjangka, yang akan mendapat keuntungan dari kenaikan harga minyak, "dilaporkan akan dipotong ke level terendah dalam tiga tahun".

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI