0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

IMF Ingatkan Risiko Suku Bunga Rendah Dapat Hancurkan Perekonomian, Dollar AS Menguat

World Economy
16 November 2019 | 21:30 WIB

Pada pertemuan hari Rabu (16/10), International Monetary Fund (IMF) mengingatkan risiko yang dapat terjadi dari kebijakan suku bunga rendah bank sentral - bank sentral dunia, menjadi bumerang yang akan meruntuhkan perekonomian. 

Kebijakan suku bunga rendah yang sudah dijalankan beberapa bank sentral dunia saat ini, dengan tujuan menopang pertumbuhan ekonomi negara yang nampak melambat, dapat menjadi bumerang karena meningkatnya pinjaman usaha dari para pebisnis yang mengharapkan tingkat suku bunga rendah, meningkatkan risiko gagal bayar di kemudian hari-nya. Kejadian-kejadian politik besar saat ini seperti perang dagang dan No-Deal Brexit, memang dapat menjadi pemicu pemangkasan suku bunga secara tajam. 

IMF mengingatkan upaya bank sentral-bank sentral dunia memangkas suku bunga sebagai langkah cepat memerangi kekhawatiran resesi ekonomi malah melebih-lebihkan kondisi yang sebenarnya, menambah risiko tingkat pinjaman dengan tingkat kemampuan bayar yang rendah secara mengkhawatirkan, membahayakan untuk jangka panjang. 

IMF mendesak para pejabat bank sentral untuk menjaga aturan dan pengawasan yang ketat, dan mempertimbangkan alat-alat penunjang perekonomian yang lebih luas, juga perlunya menerapkan cara-cara baru untuk mengawasi risiko-risiko yang ungkin muncul dari sektor penguasaha. Dolar AS nampak menguat setelahnya menimbang telah melakukan pemangkasan suku bunga 2 kali dalam tahun ini, memicu harapan tidak ada pemotongan suku bunga lagi dalam waktu dekat.

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI