0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Fed Tahan Kenaikan Bunga, BOJ Berpotensi Perbesar Stimulus

World Economy
9 Februari 2019 | 18:29 WIB
Khawatir dengan prospek penghentian siklus kenaikan suku bunga AS, Bank of Japan (BOJ) kemungkinan besar memompa lebih banyak stimulus tahun ini untuk menghentikan kenaikan tajam yen yang menghambat pemulihan ekonomi.

Hanya beberapa bulan yang lalu, para gubernur bank sentral Jepang memperdebatkan bagaimana mereka dapat mulai mengurangi stimulus moneter besar-besaran karena kekhawatiran bahwa stimulus yang berkepanjangan akan memperpanjang keuntungan tipis lembaga keuangan akibat  tingkat suku bunga mendekati nol.

Tapi, keruntuhan dolar terhadap yen pekan lalu memberikan peringatan kepada pembuat kebijakan Jepang tentang bagaimana strategi mereka sebagian besar dibentuk oleh faktor-faktor eksternal di luar kendali mereka, terutama apa yang dilakukan Federal Reserve AS. BOJ akan lebih banyak membeli aset keuangan di pasar modal guna menyuplai yen di pasar sehingga bisa menurunkan nilai yen terhadap dollar.

"Itu membuat saya gelisah karena langkah itu tidak dapat diprediksi dan sulit untuk dijelaskan," kata seorang pejabat senior kementerian keuangan Jepang tentang dolar yang jatuh ke level terendah 10-bulan terhadap yen di level 104,96 yen pada 3 Januari lalu.

Dan lonjakan tajam yen menjadi titik pembicaraan utama bagi eksekutif BoJ yang kembali dari liburan Tahun Baru pada hari berikutnya.

Bankir sentral di seluruh dunia bertanya-tanya bagaimana mereka dapat mengubah langkah untuk mengurangi gangguan bagi ekonomi mereka seandainya The Fed menahan kelanjutan kenaikan bungadi tahun ini.
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI