0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Ekonomi Australia Tumbuh 0.5% di Kuartal Kedua 2019

World Economy
4 Oktober 2019 | 10:25 WIB
Ekonomi Australia tumbuh sedikit lebih tinggi dalam periode tiga bulan hingga Juni, masih ditopang oleh belanja pemerintah dan perdagangan. 

Biro statistik Australia pada hari Rabu (4/9) melaporkan bahwa ekonomi Australia tumbuh 0.5% dari kuartal pertama. Hasil tersebut sesuai dengan estimasi para ekonom. 

Sementara itu jika dibandingkan dengan setahun yang lalu, ekonomi Australia di kuartal kedua naik 1.4%. Ini juga sesuai dengan estimasi. 

Laporan ini datang sehari setelah Reserve Bank Australia mempertahankan suku bunga acuan di rekor terendah 1% setelah melakukan pemangkasan dua kali beruntun di periode Juni dan Juli dalam upaya untuk meningkatkan kembali belanja rumah tangga, yang menyumbang sekitar 60% untuk GDP. Saat ini Gubernur Phillip Lowe sedang berusaha untuk menurunkan angka pengangguran untuk mendorong pertumbuhan upah yang lebih cepat dan meningkatkan inflasi. 

Sejauh ini, dampak yang paling terasa adalah di sektor perumahan, dengan harga properti naik paling tinggi dalam hampir 2-1/2 tahun di bulan Agustus. Sektor lain yang juga mendapat keuntungan dari kebijakan RBA saat ini adalah para eksportir Australia yang mendapatkan manfaat dari pelemahan Aussie yang sekitar 17% sejak awal tahun ini dan para penambang menikmati keuntungan dari masalah suplai dan rekor produksi baja Tiongkok yang mengirim harga bijih besi bergerak naik. 

Saat ini pasar memprediksi Lowe akan memangkas suku bunga dua kali lebih banyak menjadi 0.5%, perkiraan RBA untuk pertumbuhan ekonomi akan naik menjadi 2.75% pada tahun depan berdasarkan pada kebijakan tersebut. Namun, Lowe masih berharap bahwa kombinasi dari pengurangan suku bunga, keringanan pajak pemerintah, kenaikan harga rumah, investasi infrastruktur dan pertambangan serta mata uang yang lebih rendah akan membawa pertumbuhan ekonomi melalui tanpa pelonggaran lebih lanjut.
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI