0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

China Ungkap Kasus `Underground Bank'

World Economy
20 Desember 2015 | 11:33 WIB

Monexnews - Pemerintah China mengatakan telah mengungkap kasus “underground bank” terbesar yang melakukan transaksi mata uang asing ilegal senilai 410 milyar yuan (64 milyar dollar), seiring pihak China berusaha mengatasi korupsi dan menghentikan aliran modal keluar yang mencapai rekor tinggi tahun ini. Lebih dari 370 orang telah ditangkap, menghadapi tuntutan hukum atau hukuman lainnya dalam kasus yang berpusat pada propinsi timur Zhejiang, menurut laporan People’s Daily pada hari Jumat, dari narasumber polisi. Kasus ini membawa jumlah total aktivitas underground banking dan pencucian uang menjadi 800 milyar yuan sejak April, menurut suratkabar. Penyelidikan dimulai di bulan September tahun lalu dan polisi telah menghabiskan waktu hampir selama 1 tahun untuk menelusuri lebih dari 1.3 transaksi mencurigakan, laporan Xinhua News Agency. Pihak berwenang telah membekukan lebih dari 3,000 akun bank, menurut Xinhua.

Kasus ini menyoroti usaha China untuk mengendalikan aliran modal keluar yang telah membantu mendorong harga real-estat naik mulai dari Vancouver hingga Sydney -- meski saat rakyat China dibatasi untuk menukarkan $50,000 dair yuan per tahunnya. Sejumlah dana mungkin berasal dari hasil korupsi pejabat yang mencoba melindungi aset mereka seiring mengetatnya pemerintahan. Tersangka yang diidentifikasikan sebagai Zhao Mouyi mendirikan lebih dari 10 perusahaan di Hong Kong mulai dari tahun 2013 dan mentransfer lebih dari 100 milyar yuan melalui akun pendatang, yang mana digunakan oleh perusahaan luar negeri di China saat mereka mentransfer uang ke luar negeri, menurut suratkabar.

(xiang)

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI