0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

China Marah Perairannya Diterobos Kapal Perang AS

World Economy
27 November 2015 | 14:17 WIB

Monexnews - Perseteruan antara China dan Amerika Serikat tidak hanya terjadi di bidang politik dan ekonomi, namun mulai melebar ke isu keamanan. Tensi ketegangan dua negara kembali naik setelah ada kapal perang AS yang masuk ke wilayah kedaulatan Tiongkok. 

Militer China hari ini mengeluarkan peringatan keras kepada awak kapal perang AS yang melaju di wilayah dekat perairan China Selatan. Pihak Tiongkok mengklaim bahwa area yang dilewati oleh kapal tersebut sudah masuk ke dalam wilayah kedaulatannya.

"Kapal Perang USS Lassen secara ilegal masuk ke wilayah kepulauan Nansha tanpa izin kami," demikian kata Lu Kang, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China. Militer keamanan laut China langsung memonitor pergerakan kapal serta mengeluarkan peringatan keras kepada nahkodanya. Teritori Laut China selatan sendiri merupakan wilayah sensitif karena kerap menjadi lokasi sengketa perbatasan antara China dan negara-negara Asia Tenggara.

Merespon klaim China, pihak AS justru berbalik menilai wilayah yang dilintasi oleh USS Lassen adalah perairan internasional karena jaraknya 12 mil dari garis pantai kepulauan yang diklaim oleh China. Beberapa pejabat tinggi Kementerian Pertahanan AS mengaku tidak ambil pusing dengan tudingan negara seterunya dan mengaku tetap akan menginstruksikan kapal-kapal perangnya untuk lewat wilayah yang sama karena bukan area otoritas negara manapun. Namun hal itu kembali dibantah oleh pihak China. "Mereka mengancam kedaulatan kami dan mengganggu stabilitas keamanan regional," tegas Lu Kang. Militer China dilaporkan bersiaga untuk mengantisipasi potensi konflik senjata. (dim)

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI