0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Inggris dan UE Capai Kesepakatan Brexit Revisi

World Economy
12 April 2019 | 11:52 WIB

Inggris dan Uni Eropa mencapai kesepakatan Brexit versi revisi di menit-menit terakhir Senin malam dengan mereka akhirnya menghilangkan poin penghalang terbesar dalam kesepakatan perceraian Brexit mereka, hanya beberapa jam sebelum Parlemen Inggris akan memutuskan persetujuan terhadap kesepakatan ini, Selasa (12/3) malam.

Menjelang pemungutan suara parlemen, May terbang ke Strasbourg, Prancis, untuk mencari revisi, jaminan atau perubahan lain dari Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker yang akan membujuk legislator Inggris yang enggan untuk mendukung perjanjian penarikan dengan Uni Eropa.

PM May mengatakan dokumen baru yang akan ditambahkan ke kesepakatan itu memberikan "perubahan yang mengikat secara hukum" pada bagian yang berkaitan dengan perbatasan Irlandia. Perjanjian penarikan 585 halaman legal itu sendiri dibiarkan utuh.

"Dalam politik, terkadang Anda mendapat kesempatan kedua. Apa yang Anda lakukan dengan kesempatan kedua ini yang diperhitungkan. Karena tidak akan ada kesempatan ketiga, "Juncker memperingatkan para anggota parlemen Inggris yang akan memberikan suara setuju atau tidak pada draf ini, Selasa malam ini.

May mengatakan perubahan tersebut harus mengatasi keraguan anggota parlemen tentang mekanisme dalam kesepakatan yang dirancang untuk menjaga perbatasan terbuka antara Irlandia Utara Inggris dan negara-negara anggota UE Irlandia. Mekanisme, yang dikenal sebagai backstop, adalah perlindungan yang akan menjaga Inggris tetap tergabung dalam lembaga bea cukai bersama dengan Uni Eropa sampai ada hubungan perdagangan permanen yang baru.

Pendukung Brexit di Inggris khawatir bahwa backstop itu dapat digunakan untuk mengikat negara itu pada peraturan UE tanpa batas padahal Inggris sendiri sudah lepas dari UE pada 29 Maret nanti.

May mengatakan kata-kata baru "akan menjamin bahwa Uni Eropa tidak dapat bertindak dengan maksud menerapkan backstop tanpa batas."

"Sekarang adalah saatnya untuk bersama-sama mendukung kesepakatan Brexit yang lebih baik ini dan memenuhi keinginan rakyat Inggris," katanya.

Tetapi perubahan tampaknya jauh dari tuntutan anggota parlemen pro Brexit pada mekanisme keluar Inggris dari backstop. Mereka menginginkan Inggris bisa memutuskan keluar dari lembaga bea cukai bersama UE secara sepihak tanpa kesepakatan dengan UE.

Anggota parlemen Pro-Brexit mengatakan mereka akan membaca draft kesepakatan hasil revisi ini terlebih dahulu dan menunggu keputusan jaksa agung Inggris sebelum memutuskan bagaimana memilih pada hari Selasa.

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI