0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Dampak Perang Dagang ke Ekonomi China Makin Kentara

World Economy
16 November 2018 | 17:03 WIB

Dampak buruk perang dagang AS-China sejak awal tahun mulai tampak di perekonomian China. Inflasi produsen China melambat untuk bulan ketiga berturut-turut pada bulan September di tengah surutnya permintaan domestik, menunjuk lebih banyak tekanan pada ekonomi terbesar kedua di dunia karena tetap terkunci dalam perang perdagangan yang semakin intensif dengan Amerika Serikat.

Indeks harga produsen (PPI), ukuran profitabilitas industri, hanya naik 3,6 % pada September dari tahun sebelumnya, dibandingkan dengan kenaikan 4,1 % pada Agustus, sementara estimasi menyebutkan angka 3.7 %, menurut data yang dirilis oleh Biro Statistik Nasional pada hari Selasa.

Inflasi konsumen, di sisi lain, sedikit meningkat pada bulan September dari bulan sebelumnya, terutama disebabkan oleh harga pangan yang lebih tinggi, data resmi menunjukkan pada hari Selasa. Data inflasi September China sesuai dengan ekspektasi pasar sebesar 2,5%, peningkatan dari bulan sebelumnya 2,3%.

Data-data ini akan mendorong pihak otoritas untuk melonggarkan kebijakan moneter guna  menopang perlambatan pertumbuhan ekonomi China. Selama akhir pekan, gubernur bank sentral Yi Gang mengatakan dia melihat banyak ruang untuk penyesuaian suku bunga dan rasio cadangan cadangan bank karena risiko penurunan yang signifikan dari peristiwa salign berbalas tarif impor China-AS.

Kegiatan ekonomi telah melambat dalam beberapa bulan terakhir, mendorong Bank Rakyat China (PBOC) mengumumkan pemotongan rasio persyaratan cadangan bank (RRR) lebih dari seminggu yang lalu - penurunan keempat tahun ini.

Untuk tahun ini, Yi mengatakan bahwa inflasi konsumen akan berakhir di 2 % dan mengharapkan PPI antara 3-4 %.

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI