0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Margin Requirement Menjaga Peluang Trader

Strategi Trading
13 Juli 2016 | 22:34 WIB

Margin requirement dalam perdagangan berjangka merupakan suatu jaminan atau sejumlah dana yang dipersyaratkan untuk melakukan transaksi. Besarnya margin yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi berbeda-beda pada setiap produk dalam perdagangan berjangka, dan kerap terjadi perubahan margin yang dibutuhkan berdasarkan aturan lembaga terkait.

Semakin kecil margin yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi, cenderung menggoda para trader untuk masuk dalam jumlah lot yang banyak, dengan kata lain potensi keuntungan yang didapat akan semakin besar, namun juga dibarengi dengan risiko kerugian yang sama.

Sedangkan dengan margin requirement yang lebih besar, ketahanan dana trader untuk menghadapi volatilitas pergerakan harga yang besar akan semakin kuat. Bila ketahanan dana kuat, trader masih dapat memanfaatkan peluang-peluang yang terdapat di pasar keuangan untuk mendapatkan keuntungan.

Untuk produk forex misalnya, dengan equity sebesar $10.000, dan margin requirement sebesar $1.000/ lot, maka nasabah bisa mengambil posisi maksimal 10 lot. Sementara jika margin yang dibutuhkan lebih besar, misalnya menjadi $3.000/lot maka nasabah bisa masuk maksimal 3 lot.

Perdagangan berjangka kerap memainkan psikologis para trader. Terkadang para trader mengambil posisi dalam jumlah lot yang banyak untuk mendapat keuntungan yang besar dan cepat, namun lupa memperhatikan ketahanan dananya. Penerapan margin yang lebih besar bisa menghindarkan trader dari over-trade yang dapat mempengaruhi keuntungan jangka panjang.

Semakin besar margin yang diperlukan untuk transaksi maka ketahanan dana akan makin besar dan potensi margin call makin kecil.

Tabel di bawah ini menunjukkan ilustrasi perbedaan margin call, dengan besaran margin requirement yang berbeda dan equity yang sama sebesar $10.000.


Margin Requirement Menjaga Peluang Trader



Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI