0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Nikkei Ditutup Menguat Merespons Batalnya Tarif Impor pada Meksiko

Stock Index
10 Juli 2019 | 16:05 WIB

Indek Saham di Bursa Tokyo melonjak pada hari Senin, merespons batalnya pengenaan tarif AS pada barang asal Meksiko yang rencananya diterapkan mulai hari ini.

Faktor utama penopang penguatan adalah batalnya rencana Presiden Trump mengenakan tarif pada barang asal negara tetangganya. Sebelumnya, Trump menganggap Meksiko tidak serius membendung arus imigrasi dari negara-negara Amerika Tengah yang melintasi Meksiko untuk menyebrang ke AS.  Sebelumnya, AS juga sudah berkonflik sengit dengan China dengan menambah beban tarif pada barang China senilai US200 miliar. 

Nikkei juga mengikuti reli di Wall Street pada akhir pekan lalu setelah laporan pekerjaan AS yang lemah mendukung harapan bahwa Federal Reserve akan segera memangkas suku bunga.

Akhir pekan lalu pasar ekuitas global malah menyambut positif jumlah tenaga kerja baru yang terserap di sektor non pertanian (NFP) AS. Selama Mei lalu jumlah akun pengupahan yang bertambah di perusahaan sektor non pertanian hanya bertambah 75 ribu, di bawah ekspektasi pasar di angka  177 ribu, dan juga penambahan sebanyak 224 ribu di April.

Angka lebih rendah ini diperkirakan akan mendorong bank sentral AS The Fed untuk memangkas bunga dengan harapan pinjaman lebih murah akan meningkatkan produksi di sektor industri.

Indeks acuan Nikkei 225 naik 1,20 persen, atau 249,71 poin, menjadi ditutup pada 21.134,42, sedangkan indeks Topix yang lebih luas naik 1,34 persen, atau 20,55 poin, pada 1.552,94.

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI