0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Aktivitas Manufaktur Korea Selatan Bebani Kospi

Stock Index
3 Desember 2014 | 07:54 WIB

Monexnews - Kospi mencatatkan pelemahan tipis setelah data manufaktur Korea Selatan menegaskan ancaman perlambatan ekonomi terbesar No.4 di Asia tersebut. Indeks manufaktur Korea Selatan (versi HSBC) turun dari level 48.8 menjadi 48.7 untuk bulan Oktober. Data HSBC sejalan dengan data manufaktur yang dirilis Seoul minggu lalu dimana aktivitas sektor manufaktur turun dari level 78 menjadi 76. Kospi futures turun 0,24% dan kini diperdagangkan di level 249.60.

Sementara itu saham otomotif cukup terpuruk setelah  CEO Kia Motors mengajukan pengunduran diri pada hari Jumat silam. Presiden Lee Sam-woong mundur sebagai wujud tanggung jawab atas aksi demonstrasi yang dilakukan oleh serikat pekerja Kia yang menuntut kenaikan upah. Wakil Presiden dan CFO Park Han-woo akan mengambil alih pucuk pimpinan Kia Motos. Saham Kia Motors dan Hyundai Motors masing-masing anjlok 3%. 

Di lain pihak, Korea Selatan melaporkan kenaikan surplus neraca perdagangan dari $3,4 miliar menjadi $7,5 miliar untuk bulan Oktober. Namun, kinerja ekspor melambat dengan hanya mencatatkan kenaikan 2,5% setelah tumbuh 6,8% di September. Impor bahkan mengalami penurunan 3% di Oktober setelah naik 8% pada bulan sebelumnya. 

Investor juga terlihat waspada setelah berkurangnya aktivitas sektor manufaktur Cina membuat investor kembali cemas dengan outlook perekonomian terbesar No.2 di dunia tersebut. Indeks sektor manufaktur Cina turun dari 51.1 menjadi 50.8 untuk bulan Oktober. Pasar juga berhati-hati dengan resiko geo-politik di Ukraina setelah pihak separatis pro-Rusia melakukan pemilu tandingan yang ditentang oleh Kiev dan Barat. Hasil pemilu menunjukan bahwa Alexander Zakharchenko dapat menjadi pimpinan separatis di wilayah timur Ukraina dan ini dapat menegaskan keinginan separatis untuk lebih dekat dengan Rusia. (fr)

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI