0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Market Movers: Sinyal Dovish Disuarakan Sebagian Besar Pejabat Fed

Market Movers
20 Desember 2013 | 11:24 WIB

Monexnews - Sinyal dovish disuarakan oleh para pejabat Fed yang berpidato di depan publik kemarin. Janet Yellen, Charles Evans dan Ben Bernanke masih berkomitmen pada kebijakan yang sangat akomodatif untuk mendukung perekonomian. Data ekonomi yang bagus diperlukan untuk memulai kebijakan pengetatan moneter.

Bernanke mengatakan sektor tenaga kerja sudah lebih baik sejak kebijakan stimulus diterapkan. Namun harus dilakukan analisa lebih dalam apakah ekonomi akan kembali memburuk jika kebijakan stimulus diakhiri. Dari survei yang dilakukan Bloomberg terhadap 32 ekonom didapatkan bahwa kebanyakan memproyeksikan Fed baru akan mengurangi kebijakan stimulusnya pada rapat FOMC Bulan Maret 2014.

Pagi ini Jepang merilis data defisit perdagangan yang menunjukkan kenaikan defisit di Bulan Oktober hampir dua kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya. Kenaikan defisit ini disebabkan oleh kenaikan biaya untuk mengimpor minyak mentah dan gas alam sebagai sumber energi pengganti energi nuklir. Selain itu, belum pulihnya permintaan barang produksi Jepang dari negara-negara partner dagangnya menyebabkan kenaikan ekspor tidak sebanding kenaikan impor. Hasil ini memberikan sentimen negatif bagi dollar/yen dan indeks saham Jepang.

Sore dan malam hari, beberapa market mover penting akan dirilis dari Inggris dan AS. Inggris akan merilis rekapitulasi voting kebijakan suku bunga dan program pembelian aset pada rapat kebijakan bank sentral Inggris yang terakhir. Bila voting masih sama dengan voting rapat sebelumnya, kemungkinan tidak akan terlalu berpengaruh bagi pergerakan sterling.

AS akan merilis data penjualan ritel, CPI (inflasi), data penjualan rumah second dan notulen rapat FOMC Bulan Oktober.  Semua data AS ini pastinya akan memberikan indikasi ke pasar mengenai kesehatan ekonomi AS dan potensi tapering ke depannya. Data penjualan ritel, CPI dan penjualan rumah second yang melebihi ekspektasi pasar bisa mendorong penguatan dollar AS dan meningkatkan pandangan tapering di Desember. Selain itu, pasar juga akan mencari sinyal tapering dari notulen rapat/minutes FOMC yang akan dirilis dinihari nanti.

 (Ariston Tjendra)

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI