0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Market Movers: Outlook Kenaikan Suku Bunga Lanjutan dari The Fed

Market Movers
8 Desember 2018 | 09:05 WIB

Pada pukul 2.00 WIB nanti The Fed kembali mengumumkan kebijakan moneter dari hasil rapatnya selama dua hari. Hari ini diekspektasikan tidak akan menaikkan suku bunga, namun Desember nanti hampir bisa dipastikan akan menaikkan suku bunga acuannya.

Fokusnya adalah terkait outlook kenaikan suku bunga yang diekspektasikan oleh pasar akan berlanjut pada tahun 2019 nanti. Jika benar The Fed mengindikasikan ada proyeksi kenaikan suku bunga lanjutan, maka ini bisa menjadi sentimen positif untuk dollar yang berdampak pada pelemahan harga emas dan mata uang utama lainnya.

Rilis data neraca perdagangan China juga akan memberikan sentimen terkait dampak dari perang dagang yang terjadi antara China-AS.



Potensi Pergerakan

Emas
Sentimen penguatan dollar jika The Fed memberikan pernyataan yang hawkish berpotensi membuat The Fed melemah mengincar 1217 jika mampu menembus support terdekat di 1220. Resisten terdekat di 1230.

Minyak Mentah
Pasca rilis laporan EIA semalam harga minyak terus melemah hingga menyentuh level terendah 8 bulan. Selain berpotensi memicu aksi short covering, informasi mengenai pertimbangan antara Rusia dan Arab Saudi untuk kembali mengendalikan output minyak tahun depan berpotensi menopang harga minyak ke 63.70 jika mampu menembus 62.20. Jika sentimen dari kekhawatiran oversupply, pelemahan harga minyak lebih lanjut berpotensi ke area 60.40.

EURUSD
Selama harga tidak menembus ke atas 1.1450, pelemahan EURUSD karena sentimen penguatan dollar berpeluang ke level 1.1380.

GBPUSD
GBPUSD berpotensi bergerak dalam volatilitas tinggi di tengah sentimen penguatan dollar dan optimisme pasar terhadap Brexit yang dilaporkan akan menandatangani kesepakatan di akhir November ini. Jika sentimen penguatan dollar mendominasi sentimen, maka pelemahan GBPUSD berpotensi mengincar level 1.3070. Resisten di area 1.3180.

USDJPY
BoJ tadi pagi menyebutkan masih perlu kebijakan yang fleksibel terkait nilai yield di tengah upaya pencapaian target inflasi membuat mata uang yen belum mempunyai sentimen penguatan. Jika penguatan dollar menjelang pengumuman kebijakan The Fed mendominasi pergerakan, maka peluang kenaikan USDJPY mengincar 114.10 jika mampu menembus 113.80. Support di area 113.00.

AUDUSD
China akan merilis data neraca perdagangan hari ini. Jika surplus China berkurang atau lebih rendah dari ekspektasi 209 milyar, maka AUDUSD berpotensi mendapat sentimen negatif dan melemah menguji area 0.7240. Tembus level tersebut mengincar 0.7215. Resisten terdekat di level 0.7300.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar


(Dini Nurhadi Yasyi)

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI