0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Market Movers: Kebijakan Moneter ECB Akan Jadi Fokus

Market Movers
6 Juli 2019 | 08:42 WIB

Hari ini European Central Bank (ECB) akan mengumumkan kebijakan moneternya pukul 18.45 WIB. Terkait tingkat suku bunga, belum ada outlook yang memperlihatkan bahwa bank sentral akan menaikkan tingkat suku bunganya. Terkait kebijakan moneter, tampaknya bank sentral masih membutuhkan stimulus untuk bisa menopang perekonomian di Zona Euro.

Meski begitu, hal ini akan menjadi fokus dan perhatian pasar karena jika Presiden ECB Mario Draghi memberikan pernyataan yang mengejutkan, EURUSD berpotensi bergerak dalam volatilitas tinggi. Pasalnya, belum ada katalis penggerak bagi EURUSD selain rilis data-data ekonomi Zona Euro yang masih memperlihatkan perlambatan ekonomi.

Market Movers hari ini



Potensi Pergerakan

Emas
Aksi priced in para pelaku pasar terhadap ekspektasi pemangkasan tingkat suku bunga The Fed tampaknya masih bisa terjadi. Meski peluang penguatan emas akan terbatas. Selama harga konsisten bergerak di atas 1325, penguatan harga emas berpeluang menguji level 1332 sebelum mengincar 1335. SEbaliknya peluang pelemahan harga emas setelah menguat selama lima hari beruntun mengincar level 1321.

Minyak Mentah
Meningkatnya persediaan minyak di AS yang dilaporkan semalam ternyata masih membebani pergerakan harga minyak, meski ada outlook bahwa OPEC+ akan melanjutkan program pemangkasan produksinya setelah bulan Juni. Hari ini potensi pelemahan harga minyak tampaknya akan terbatas. Perlu tembus ke bawa 51.25 untuk potensi pelemahan selanjutnya ke 50.60. Sebaliknya, jika aksi short covering terjadi, potensi harga naik menguji level 52.20 sebelum mengincar 52.80.

EURUSD
Jika pada pernyataannya, ECB masih cenderung bersikap dovish, dengan melanjutkan atau bahkan menambah stimulus, EURUSD berpotensi untuk melemah menguji level 1.1200 sebelum mengincar level 1.1180. Sebaliknya, jika kekuatan dollar masih mendominasi sentimen pergerakan yang sedang dalam sentimen negatif, peluang penguatan EURUSD menguji resisten terdekat sebelum mengincar level 1.1260.

GBPUSD
Minim katalis penggerak dari rilis data ekonomi Inggris, penggerak GBPUSD masih melihat kekuatan dollar. Jika dollar hari ini masih tertekan karena sentimen ekspektasi pemangkasan tingkat suku bunga, peluang penguatan GBPUSD perlu menembus konsisten ke atas 1.2700 sebelum mengincar 1.2725. Sebaliknya, potensi pelemahan jika menembus 1.2675 mengincar level 1.2650. Pidato Gubernur Bank of England (BoE) Mark Carney pukul 16.00 WIB dapat menjadi perhatian.

USDJPY
Area level 107.80 - 107.90 masih terlihat sebagai support kuat, sehingga USDJPY masih dalam kecenderungan untuk naik menguji level 108.55 sebelum mengincar 108.85. Pidato Gubernur Bank of Japan (BoJ) Haruhiko pukul 15.25 WIB dapat menjadi perhatian.

AUDUSD
Data neraca perdagangan Australia yang dirilis lebih rendah dari ekspektasi berpotensi menjadi sentimen negatif pergerakan AUDUSD hari ini dengan support terdekat di level 0.6930. Namun jika sentimen negatif pada dollar AS masih mendominasi pergerakan di pasar, AUDUSD berpeluang menguat untuk menguji kembali level psikologis 0.7000.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar

(Dini Nurhadi Yasyi)

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI