0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Market Movers: Bursa Saham Belum Stabil, Emas Berpotensi Volatile

Market Movers
30 November 2018 | 08:42 WIB
Harga emas kemungkinan bergerak volatile pada pada hari ini melihat belum stabilnya bursa saham global. Bursa saham AS pada perdagangan Senin kemarin sempat menguat, namun di akhir perdagangan berbalik melemah. Bursa saham Asia pagi ini mengikuti pergerakan bursa AS, sempat dibuka melemah, dan perlahan bergerak naik.

Data sentimen konsumen AS pukul 21:00 WIB jika dirilis lebih rendah dari perkiraan 136,3 dapat memperburuk risk appetite pelaku pasar, berpotensi menekan bursa saham lebih dalam dan emas memiliki peluang kembali menguat, begitu juga sebaliknya.

Selain itu yang perlu diperhatikan adalah kembali menguatnya dollar indeks akibat buruknya kinerja beberapa mata uang utama khususnya euro dan pound sterling. Penguatan indeks dollar dapat membatasi penguatan harga emas.

Potensi Pergerakan

Emas
Pagi ini harga emas bergerak di dekat support di kisaran 1228, selama bertahan di atas support tersebut peluang emas untuk kembali menguat cukup besar, dengan target ke area 1236 atau lebih jauh ke 1240. Namun jika 1228 ditembus secara konsisten, emas berpeluang turun kembali ke 1225, dan lebih jauh ke 1221.

Minyak Mentah
Perekonomian global yang diperkirakan melambat menimbulkan kecemasan akan kemungkinan menurunnya permintaan minyak mentah yang membuat harganya mengalami tekanan. Selama tidak menembus ke atas resisten 67.30, minyak berpeluang melemah ke level 65.70.

EURUSD
Kanselir Jerman, Angela Merkel, yang menyatakan tidak lagi maju dalam pemilihan Pimpinan Partai CDU menjadi sentimen negatif bagi kurs euro. Jika menembus support 1.1355, EURUSD berpotensi turun ke area 1.1320. Resisten terdekat di kisaran 1.1410.

GBPUSD
Selama belum ada keputusan resmi masalah Brexit, GBPUSD masih sulit untuk menguat. GBPUSD pada pukul 8:24 WIB berada di kisaran 1.2800, jika turun dan bergerak konsisten di bawah level tersebut, GBPUSD berpeluang besar turun ke area 1.2745.

USDJPY
Stabilitas bursa saham juga akan memmengaruhi USDJPY, jika bursa saham melemah USDJPY berpeluang turun ke area 112.00. Namun sebaliknya, USDJPY berpotensi naik ke level 112.85 jika mampu menembus konsisten di atas resisten 112.55, dan jika bursa saham menguat pada hari ini.

AUDUSD
Rilis data ijin membangun Australuia beberapa saat lalu yang menunjukkan kenaikan (meksi di bawah estimasi) menjadi sentimen positif bagi AUDUSD jika dibandingkan dengan rilis sebelumnya. Selama bertahan di atas level 0.7050, AUDUSD berpotensi naik ke level 0.7105.

Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar

(Putu Agus)
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI