0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Market Movers: Data Aktivitas Bisnis Zona Euro dan Proyeksi Arah Kebijakan BoJ

Market Movers
24 Agustus 2018 | 08:48 WIB
Hari ini fokus investor tertuju pada rilis data aktivitas bisnis Perancis, Jerman, dan zona euro lainnya dalam sektor manufaktur dan sektor jasa. Jika mayoritas data dirilis lebih baik dari estimasi, maka euro berpotensi untuk menguat dan akan memulai volatilitas EURUSD. Mengingat European Central Bank (ECB) yang berencana akan mengkhiri program stimulusnya akhir tahun ini. 

Dari Jepang, pasar dikejutkan oleh laporan yang menyebutkan bahwa Bank of Japan (BoJ) mulai membicarakan program stimulusnya setelah kemarin imbal hasil obligasi 10 tahun pemerintah Jepang mencapai level tertinggi enam bulan. Bahkan BoJ juga dilaporkan akan mempertimbangkan untuk mengakhiri suku bunga negatifnya. 

Potensi Pergerakan 

Emas 

Harga emas mulai bergerak melemah di sesi Asia setelah semalam dollar kembali menguat dan tidak lagi menanggapi pernyataan negatif Trump terkait kenaikan suku bunga. Jika dollar lanjutkan momentum penguatannya, harga emas berpotensi masih dalam tekanan mengincar support 1216. Resisten terdekat berada di level 1227. 

Minyak Mentah 

Semalam harga minyak bergerak volatil di tengah kekhawatiran terganggunya supply minyak dari Iran pasca Trump menyampaikan ancamannya kepada presiden Iran. Selain itu, investor juga masih dibayangi oleh proyeksi oversupply dari produsen minyak global. Jika proyeksi oversupply masih membayangi sentimen pasar, maka harga minyak mentah berpotensi melemah hari ini mengincar support 66.70. Resisten terdekat di level 68.25. 

EURUSD

Jika data aktivitas bisnis zona euro dirilis lebih baik, maka penguatan EURUSD pada hari ini Perlu untuk menembus level 1.1710 sebelum mengincar 1.1745. Support terdekat di level 1.1665. 

GBPUSD 

Pergerakan GBPUSD terlihat sangat bergantung pada kekuatan dollar di tengah belum adanya sentimen positif dari Inggris. Jika dollar kembali dalam momentum penguatan, maka pelemahan GBPUSD hari ini menguji support 1.3075 sebelum mengincar 1.3030. Resisten terlihat di 1.3150.

USDJPY 

Laporan BoJ yang mulai mempertimbangkan kebijakan moneternya dapat menjadi sentimen positif bagi yen pasca pernyataan hawkish The Fed yang telah menekan yen ke level terendah 6 bulan. Jika data inflasi Jepang dirilis lebih baik dari 0,6% dan adanya kejelasan arah kebijakan BoJ, maka USDJPY berpeluang turun pada hari ini menguji 111.00 sebelum mengincar 110.60. 

AUDUSD 

Selama bergerak di bawah level 0.7390, AUDUSD berpotensi lanjutkan pelemahannya dari sesi kemarin support 0.7340 dengan resisten di level psikologis 0.7400. 

Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Calendar. 

(Dini Yasyi) 

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI