0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Perburuan Uang Tunai Karena Ketakutan Terhadap Virus Telah Menekan Turun Harga Emas

Gold Updates
30 April 2020 | 13:06 WIB
Harga emas bergerak turun pada hari Senin (30/3) ke level $1609.19/onz di tengah investor yang mencari uang tunai untuk menutupi kerugian di aset ekuitas yang dibayangi langkah-langkah bank sentral global untuk menopang perekonomian dari keruntuhan yang disebabkan oleh epidemi virus Korona. 

Analis pasar di salah satu broker internasional mengatakan bahwa situasi yang memburuk telah memperkuat keterkaitan antara ekuitas dengan emas karena jika jika melihat ekonomi memburuk lebih lanjut maka bisa juga menyeret turun harga emas dengan indeks saham. 

Kepala International Monetary Fund pada hari Jumat mengatakan bahwa pandemi ini sudah menggiring ekonomi global ke arah resesi dan negara-negara harus  merespon dengan jumlah belanja "yang sangat masif" untuk hindari  kebangkrutan yang meluas dan kegagalan utang di pasar berkembang. 

Dewan Perwakilan Rakyat AS pada hari Jumat telah menyetujui  paket bantuan sebesar $2.2 triliun, terbesar dalam sejarah, untuk membantu mengatasi perlambatan ekonomi yang disebabkan oleh virus. 

Sementara itu ketua European Central bank telah mendesak untuk akhiri perselisihan di kalangan pemimpin Uni Eropa agar mereka semua bertindak lebih tegas guna melindungi ekonomi dari pukulan yang disebabkan pandemi, ungkap tiga orang narasumber yang mengetahui hal tersebut.

Sentimen lain yang membebani emas adalah terhentinya pelemahan dolar AS di tengah sentimen hindar aset berisiko, setelah greenback melonjak di tengah perburuan uang tunai dan kemudian mereda ketika bank sentral meluncurkan langkah likuiditas yang belum pernah terjadi sebelumnya. 
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI