0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Harga Emas Di Level Rendah $1496 Per Troy Ons Karena Dua Sentimen Ini

Gold Updates
20 September 2019 | 10:10 WIB
Harga emas sudah dua hari beruntun mengalami pelemahan dan tutup di level rendah. Harga emas saat ini (20/8) bergerak di kisaran $1496 dan masih berpeluang untuk melemah. Meredanya kekhawatiran terhadap resesi di Amerika Serikat (AS) dan berkurangnya tensi perang dagang AS dan Tiongkok menjadi alasan pelemahan harga emas.

Pekan lalu, beberapa data ekonomi AS seperti data penjualan ritel, indeks harga konsumen dan indeks manufaktur, dirilis lebih bagus dari ekspektasi pasar. Ini yang mendorong persepsi pasar terhadap ekonomi AS berubah menjadi positif. Tingkat imbal hasil obligasi AS pun naik kembali.

Semalam (19/8), pemerintah AS memberikan ijin sementara kepada perusahaan-perusahaan AS untuk berbisnis dengan Huawei. Ijin diberikan selama 90 hari ke depan. Melunaknya sikap AS ini tentunya akan mengurangi tensi dagang AS dengan Tiongkok yang masih berlangsung. AS dan Tiongkok bersiap kembali ke meja perundingan di awal September ini.

Kedua sentimen tersebut mendorong para pelaku pasar untuk keluar dari aset safe haven atau aset aman dan memborong aset-aset berisiko seperti saham. 

Namun demikian, para trader harus mewaspadai naiknya kembali harga emas karena isu stimulus moneter dari bank sentral global, terutama AS. Notula (minutes) rapat Bank Sentral AS dan Eropa serta pertemuan bank sentral di Jackson Hole, AS akan menjadi perhatian pelaku pasar untuk mencari petunjuk mengenai stimulus atau pelonggaran moneter.

Jadwal data ekonomi lengkap bisa di lihat di sini: https://monexnews.com/calendar/homeCalendar.htm
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI