0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Bear Trap Pergerakan Harga Emas?

Gold Updates
4 November 2019 | 11:48 WIB
Harga emas saat ini (4/10) bergerak di kisaran $1508 per troy ons. Padahal di awal pekan, harga emas tertekan dalam menembus level kunci $1480 per troy ons dan masuk ke level $1458 per troy ons. Harga emas berhasil rebound!

Apakah telah terjadi "Bear Trap" atau "Jebakan Pelemahan"? Bear Trap adalah pergerakan harga yang menjebak para trader yang berasumsi bahwa harga akan berlanjut turun. Harga malah kembali naik ke dalam pola semula. Ini yang terjadi pada pergerakan harga emas saat ini.

Harga emas berhasil menanjak karena di luar dugaan, hasil data-data ekonomi AS yang dirilis selama 3 hari terakhir (Selasa, Rabu, Kamis) di bawah ekspektasi. Dimulai dengan data indeks manufaktur versi ISM (Institute for Supply Management), lalu hari berikutnya data Non-farm Payrolls versi ADP (Automatic Data Processing Inc.), dan kemarin data indeks non-manufaktur versi ISM.

Hasil yang di bawah ekspektasi tersebut membuka persepsi bahwa mulai terjadi pelambatan pertumbuhan ekonomi di Amerika Serikat. Dan ini memperbesar kemungkinan bank sentral AS memangkas suku bunga acuan pada rapat berikutnya, yaitu di akhir bulan Oktober ini. Saat ini, data dari CME FedWatch Tool, tingkat probabilitas pemangkasan suku bunga acuan Fed sebanyak 25 basis poin pada rapat akhir Oktober adalah 88,2%.

Malam ini ada data Non-farm Payrolls AS versi pemerintah dan data tenaga kerja lainnya seperti data tingkat pengangguran dan data rata-rata upah per jam untuk bulan September. Bila data-data ini kembali dirilis di bawah ekspektasi, tingkat probabilitas pemangkasan suku bunga acuan bisa naik dan harga emas berpotensi menguat lebih jauh.

Potensi Penguatan dan Pelemahan Harga Emas

Harga emas kembali ke jalur penguatan setelah menembus ke atas level kunci $1480.

Baca: Selama Negosiasi Dagang Belum Selesai, Harga Emas Masih Berpeluang Menguat

Di jangka pendek, untuk melanjutkan penguatan, support terdekat $1495 harus bisa bertahan, dengan potensi target penguatan ke area $1535, lalu ke 1556.

Support $1480 masih menjadi level kunci perubahan tren harga emas menjadi pelemahan dengan potensi ke area 1458, lalu ke 1436 dan 1400.


Grafik Harga Emas Time Frame 4 Jam, Sumber Monex Trader
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI