0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

USDJPY Berpeluang Lanjutkan Penguatan di Tengah Sentimen Negatif Seputar Yen

Forex
23 Februari 2019 | 19:25 WIB

Pasangan USDJPY mendapatkan kembali traksi positif pada hari ini dan sekarang telah bergerak tidak jauh dari puncak bulanan, yang dibuat pada Jumat lalu.

Safe-haven Yen Jepang kehilangan beberapa kekuatan di tengah meningkatnya risk appetite, terutama setelah penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow mengklarifikasi bahwa laporan tentang AS membatalkan perencanaan perdagangan dengan China "tidak benar".

Di sisi lain berita negatif dari Jepang juga melemahkan yen, seperti tidak berubahnya suku bunga acuan yang ditetapkan Bank of Japan di -0,10% dan neraca perdagangan yang buruk sepanjang tahun lalu.

Di tahun 2018 Jepang mencatat defisit perdagangan untuk pertama kalinya sejak 2015, dengan pertumbuhan ekspor melambat di tengah ketegangan antara dua mitra dagang terbesar negara itu - Cina dan Amerika Serikat.

Jepang mencatat defisit 1,203 miliar yen ($ 11 miliar) pada 2018 setelah dua tahun surplus, dengan pertumbuhan tahunan dalam ekspor melambat menjadi 4,1 persen dari 11,8 persen pada 2017, menurut data kementerian keuangan yang dirilis Rabu.

Ekspor ke Cina meningkat 6,8 persen, jauh lebih lambat dari pertumbuhan 20,5 persen tahun sebelumnya. Pertumbuhan pengiriman ke Amerika Serikat melambat menjadi 2,3 persen dari 6,9 persen.

"Ekspor ke AS tidak kuat tetapi masih solid, sedangkan pengiriman ke Asia, terutama ke China, melambat," kata Takeshi Minami, kepala ekonom di Norinchukin Research Institute.

Saat penulisan, USDJPY diperdagangkan di 109.65, naik 0,27 persen atau 30 pip.

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI