0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Selain Karena Dollar, EURUSD Masih Tertekan Kondisi Ekonomi Zona Euro

Forex
4 Maret 2019 | 20:20 WIB

EURUSD bergerak stabil di perdagangan sesi AS setelah melemah tertekan oleh sentimen penguatan dollar. Data non-farm payroll (NFP) AS yang dipandang positif masih menopang penguatan dollar di awal perdagangan hari ini. Selama bulan Januari tenaga kerja di AS bertambah 304 ribu, lebih tinggi dari estimasi 165 ribu. Angka tersebut juga lebih tinggi dibandingkan Desember 2018 yang hanya bertambah 222 ribu.

Selain faktor tersebut, dari zona euro juga muncul sentimen negatif pasca European Central Bank (ECB) pada rapat terakhirnya di bulan Januari yang kembali mengkonfirmasi terkait kondisi perekonomian zona euro. Potensi perlambatan ekonomi di zona euro tampaknya semakin terlihat dan hal ini sebenarnya seperti yang diproyeksikan oleh bank sentral pada rapat terakhir pada tahun 2018. Bank sentral telah memangkas proyeksi angka inflasi dan pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, masih belum jelasnya Brexit juga turut memengaruhi pelemahan euro. Pasalnya Perdana Menteri Inggris Theresa May masih akan melakukan negosiasi ke Brussels terkait regulasi dagang di perbatasan Irlandia. Padahal pihak Uni Eropa melalui Komisi Eropa mengatakan bahwa negosiasi sudah tertutup.

Inggris semakin mendekati tenggat waktu untuk keluar dari Uni Eropa pada 29 Maret mendatang. Selama belum ada penyelesaian terhadap Brexit, maka dampaknya perekonomian zona euro juga akan terpengaruh karena selama ini Inggris merupakan negara ekonomi terbesar di zona euro.

Pukul 20.18 WIB EURUSD bergerak di level 1.1443 setelah menyentuh level terendah harian di 1.1436.

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI