0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

RBA Tidak Pangkas Suku Bunga, AUD Menguat

Forex
3 2019 | 11:06 WIB
Hari ini (3/12) pukul 10.30 WIB, Bank Sentral Australia (Atau dikenal dengan RBA) mengumumkan kebijakan suku bunga acuannya. Dan hasilnya RBA tidak memangkas suku bunganya yang sekarang berada di level 0,75%. Keputusan ini telah mendorong dollar Australia (AUD) menguat terhadap dollar Amerika Serikat (USD) dari level 0.6818 ke level 0.6840.

Sebelumnya diberitakan bahwa RBA bisa memangkas suku bunga acuan pada pertemuan hari ini. Namun ternyata tidak terjadi demikian sehingga keputusan ini mendorong penguatan dollar Australia. Selain itu, pernyataan RBA bahwa risiko pelambatan ekonomi global telah menurun juga membantu penguatan dollar Australia.

RBA juga mengatakan bahwa gambaran ekonomi global masih bagus meski masih ada resiko pelambatan. Tingkat suku bunga acuan akan tetap rendah untuk saat ini. Suku bunga yang rendah ini akan mendukung peningkatan lapangan pekerjaan dan pertumbuhan pendapatan. Kenaikan di upah atau gaji akan menjadi perkembangan yang baik. Pelemahan pertumbuhan pendapatan rumah tangga bisa menurunkan tingkat belanja. Sementara tingkat inflasi di Australia akan mendekati 2% di tahun 2020 dan 2021.

Bank Sentral Australia masih membuka kemungkinan pelonggaran moneter lebih lanjut bila diperlukan. Kondisi yang mendorong hal demikian kemungkinan adalah perang dagang yang berlarut dan penurunan indikator ekonomi Australia seperti data tenaga kerja dan data tingkat pertumbuhan.

Meskipun dollar Australia menguat karena RBA, pasar akan tetap mewaspadai perkembangan negosiasi dagang AS dan Tiongkok. Hasil negosiasi yang bagus akan semakin menguatkan dollar Australia, dan sebaliknya, hasil negosiasi yang buruk akan menenggelamkan dollar Australia. Tiongkok merupakan pasar bagi produk komoditas Australia. Bila perekonomian Tiongkok terganggu karena soal perdagangan dengan AS, Australia akan mendapatkan dampak negatif.
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI