0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Pemilu AS dan Potensi Pergerakan Dollar serta Emas

Forex Market Desk
28 November 2016 | 12:57 WIB

Monexnews - 

Pemilu Presiden AS yang akan berlangsung 8 November mendatang akan menjadi perhatian para pelaku pasar, dua kandidat yang bertarung adalah Hillary Clinton Capres Partai Demokrat dan Donald Trump Capres Partai Republik.

Pergerakan S&P 500 di Tahun Pemilu

BMO Capital Market menunjukkan secara historis sejak 1928, indeks S&P 500 rata-rata menguat 7% pada tahun pemilu, namun ketika pemilu harus memilih Presiden baru, atau tanpa diikuti oleh petahana, indeks S&P 500 melemah 4%.

Penurunan yang terjadi di tahun pemilihan tanpa diikuti petahana adalah akibat hasil pemilu yang sulit diprediksi, dan ketidakpastian akan kebijakan dari pemimpin baru.

Wall Street Journal mengutip Macroeconomic Advisers menyebutkan jika Clinton memenangi pemilu, indeks S&P 500 berpotensi menguat 4%, sementara jika Trump yang menang S&P kemungkinan melemah 7%.

Volatilitas Pasar Akan Meningkat

Faktor politik seperti pemilu AS dapat menyebabkan volatilitas tinggi di pasar, seperti halnya ketika Inggris memutuskan keluar dari Uni Eropa atau yang dikenal dengan Brexit. Indeks volatilitas pasar dari CBOE meningkat tajam pasca Brexit bulan Juni lalu.

Pergerakan Pasar Jelang Pemilu

Sebelum pemilu berlangsung, hasil polling keunggulan salah satu capres akan mempengaruhi pergerakan pasar. Berdasarkan RealClearPolitcs Clinton unggul 6,3 poin terhadap Trump. Ketidakastian yang mempertinggi risiko semakin meningkat jika selisih poin semakin menyempit. Emas berpotensi menguat jika keterpilihan Trump semakin meningkat dan menyusul Clinton.

Reaksi Awal Pasar Pasca Pemilu
Pelaku pasar lebih memfavoritkan Clinton karena dianggap dapat melanjutkan kebijakan-kebijakan pemerintahan saat ini yang dipegang partai Demokrat. Sementara kebijakan luar negeri Trump yang terlihat agresif berpotensi menimbulkan ketidakpastian di pasar, meski program pengurangan pajak dari Trump juga terlihat menarik bagi pasar.

Reaksi awal pasar jika Clinton memenangi pemilu, bursa AS berpotensi menguat, dan emas yang dianggap sebagai asset safe haven dapat tertekan. Dollar kemungkinan akan menguat, ditambah dengan peluang kenaikan suku bunga AS di bulan Desember, emas berpotensi melemah di akhir tahun ini.

Sebaliknya, jika Trump memenangi pemilu, bursa AS diprediksi melemah setidaknya di awal, dan ada potensi berbalik naik jika Trump mengimplementasikan program reformasi pajak. Emas kemungkinan menguat jika bursa AS merosot, sementara pergerakan dollar akan bervariasi terhadap mata uang lainnya, namun yang pasti volatilitas pasar akan meningkat tajam, lebih tinggi jika dibandingkan dengan kemenangan Clinton. Tim ahli strategi mata uang Commonwealth Bank of Australia memprediksi kurs aussie dapat melemah terhadap dollar hingga 10% ke level 0.6871.

Potensi Pergerakan Emas

Area 1277 terlihat masih menjadi resisten kuat bagi emas, kemampuan menembus dan konsisten di atas area tersebut berpeluang membawa harga naik ke area 1292. Target selanjunya jika 1292 ditembus adalah area 1310.

Sebaliknya jika menembus ke bawah support 1260, emas kemungkinan akan turun ke area 1250. Peluang ke area 1230 menjadi terbuka jika area 1250 berhasil dilewati secara konsisten.

(Putu Agus)

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI