0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Pasar Masih Skeptis Terhadap Negosiasi Dagang, Yen Menguat Lagi

Forex
27 September 2019 | 11:23 WIB

Yen menguat lagi sejak pembukaan pasar pagi ini (27/8) terhadap dollar AS. USDJPY dibuka di kisaran 106.11 dan saat tulisan ini dibuat sudah bergerak di kisaran 105.68. Ini artinya yen sudah menguat sekitar 0,4% terhadap dollar AS.

Penguatan ini disebabkan oleh keraguan pasar terhadap keberlangsungan negosiasi dagang antara AS dengan Tiongkok, meskipun kedua negara ini sudah mengutarakan niat baiknya. Pasar meragukan kesepakatan dagang akan tercapai dalam waktu dekat.

Seperti kita ketahui bersama, pada Jumat malam pekan lalu (23/8), Tiongkok mengumumkan kenaikan tarif antara 5% - 10% untuk produk dari AS senilai $75 milyar. Aksi ini langsung dibalas oleh AS beberapa jam kemudian dengan menaikan tarif sebesar 5% untuk produk dari Tiongkok.

Aksi saling menaikan tarif ini menaikan tensi perang dagang dan meningkatkan kekhawatiran para pelaku pasar keuangan sehingga aset-aset safe haven kembali diburu.

Namun setelah itu, AS mengungkapkan bahwa Tiongkok telah menghubungi AS dan menyatakan ingin melakukan negosiasi dagang yang baik. Niatan Tiongkok ini disambut positif oleh AS dan oleh para pelaku pasar. Kekhawatiran pun mereda dan sebagian pelaku pasar kembali masuk ke aset berisiko.

Pagi ini indeks saham Asia seperti Nikkei, Shanghai, Hangseng, Kospi dan IDX masih bergerak positif. Indeks Nikkei masih naik 1,17%, Shanghai naik 1,68%, Hangseng menguat tipis, Kospi dan IDX menguat 0,67%.

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI