0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Menebak Pergerakan Euro di Pekan Krusial

Forex
28 Desember 2015 | 06:45 WIB

Monexnews - Euro akan menghadapi pekan krusial minggu depan, dimana European Central Bank (ECB) akan mengadakan rapat kebijakan moneter. Apakah pelemahan euro akan berlanjut atau malah berbalik menguat sangat tergantung dari hasil rapat moneter tersebut.

ECB diperkirakan akan menurunkan suku bunga deposito menjadi -0,3% dari saat ini -0,2%, serta menambah dan/atau memperpanjang program pembelian aset atau yang dikenal dengan quantitatve easing (QE). Spekulasi penambahan stimulus tersebut telah membawa euro mendekati level terendah tujuh bulan terhadap dollar, dan mencatat pelemahan dua pekan beruntun.

Jika spekulasi tersebut akhirnya terealisasi, ditambah dengan kemungkinan kenaikan suku bunga di AS dua pekan berikutnya, maka kemungkinan besar euro akan melanjutkan pelemahan.

Namun mengingat penurunan tajam dalam dua bulan terakhir, bukan tidak mungkin euro akan berbalik menguat jika ECB hanya menurunkan suku bunga deposito dan tidak menambah QE, atau hanya menambah QE tanpa menurunkan suku bunga, atau malah mempertahankan kebijakan saat ini. 

ECB akan mengumumkan kebijakan pada Kamis 3 Desember, namun sebelumnya data inflasi November zona euro pada hari Rabu dapat memberikan gambaran lebih jelas mengenai keputusan yang akan diambil ECB. Setelah mengalami deflasi di bulan September, blok 19 negara tersebut kembali mengalami inflasi meski hanya 0,1% di bulan Oktober. Jika inflasi kembali menunjukkan kenaikan, ECB kemungkinan belum akan mengelontorkan stimulus secara agresif, begitu juga sebaliknya. 

EURUSD pada perdagangan Jumat ditutup di level 1.0592, dengan level tertinggi harian 1.0638 dan terendah 1.0568 (platform Monex Trader). (pap/Monex)

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI