0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Fed Pangkas Suku Bunga Tapi Sikap Fed Tidak Dovish, Dollar AS Menguat

Forex
1 September 2019 | 03:44 WIB
Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) memutuskan untuk memangkas suku bunganya sebesar 25 basis poin menjadi 2-2.25% sesuai dengan perkiraan pasar. Namun demikian, pernyataan Gubernur the Fed, Jerome Powell, dimaknai tidak dovish oleh para pelaku pasar.

Dollar AS menguat terhadap sejumlah mata uang utama dunia. Indeks dollar AS bergerak menguat 0,57% dari 98.06 saat awal pengumuman hingga mencapai 98.61, dua jam kemudian. Harga emas terdorong turun ke kevek $1413 per troy ons dari sebelumnya di kisaran $1427 per troy ons. Sementara harga minyak mentah WTI melemah dari $58.53 per barel menjadi $57.93 per barel.

Powell mengatakan bahwa meskipun terjadi pemangkasan, ini bukanlah awal dari rentetan panjang pemangkasan selanjutnya. "Tapi saya tidak mengatakan hanya akan dipangkas satu kali."

Pemangkasan kali ini dirancang sebagai jaminan untuk mengurangi risiko pelambatan ekonomi dan bukan awal dari siklus panjang pelonggaran moneter. "Kami berpikir bahwa kebijakan ini diperlukan sebagai penyesuaian kebijakan tengah siklus", kata Powell.  

Pada rapat kebijakan moneter (FOMC) kali ini, tidak seluruh anggota FOMC yang hadir menyetujui keputusan pemangkasan suku bunga. Ada dua anggota yang tidak menyetujui yaitu Presiden Fed Kansas City, Esther George, dan Presiden Fed Boston, Eric Rosengren. Ini adalah kali pertama sejak kepemimpinan Powell, tidak ada suara bulat dalam pengambilan keputusan.

The Fed dijadwalkan akan mengumumkan hasil kebijakan moneternya lagi tanggal 19 September 2019. Jadwal lengkap bisa dilihat di sini: https://monexnews.com/calendar/central-bank-meeting.htm
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI