0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Perekonomian Zona Euro Melambat, EURUSD Berpotensi Tertekan

EURUSD Market Desk
27 Desember 2018 | 13:27 WIB
Dalam testimoninya di hadapan Parlemen Uni Eropa, Presiden European Central Bank (ECB), Mario Draghi, mengakui jika perekonomian di zona euro melambat sejak bulan September. Dampaknya EURUSD yang sebelumnya menguat berbalik melemah pada perdagangan Senin kemarin.

Pertumbuhan ekonomi zona euro (GDP) kuartal III 2018 sebesar 0,2% menjadi yang terendah dalam empat tahun terakhir (Gambar 1). Hal tersebut semakin diperburuk dengan melambatnya aktivitas bisnis (manufaktur dan jasa) sejak awal tahun ini.
Perekonomian Zona Euro Melambat, EURUSD Berpotensi Tertekan

Gambar 2 menunjukkan grafik indeks gabungan aktivitas manufaktur dan jasa yang terus menunjukkan penurunan. Pada bulan November turun menjadi 52,4 dari bulan sebelumnya sebesar 53,1. Angka di bulan November sekaligus menjadi yang terendah sejak Desember 2014.

Perekonomian Zona Euro Melambat, EURUSD Berpotensi Tertekan

Jika dilihat lebih ke belakang indeks gabungan tersebut terus mengalami penurunan sejak bulan September, yang dapat menjadi indikasi GDP kuartal IV kemungkinan belum akan menunjukkan peningkatan atau bahkan bisa lebih rendah dari kuartal III.

Serangkaian data ekonomi yang menunjukkan pelambatan kemungkinan membuat ECB akan menahan suku bunga rendah dalam waktu yang lebih lama. Hal ini tentunya memberikan tekanan bagi EURUSD setidaknya dalam jangka pendek, atau hingga data-data ekonomi kembali menunjukkan peningkatan.

Sebelumnya ECB berencana akan mengakhiri stimulus moneter di akhir tahun ini, disusul dengan kenaikan suku bunga setidaknya setelah musim panas atau di kuartal IV 2019.

Perekonomian Zona Euro Melambat, EURUSD Berpotensi Tertekan

Ahli strategi forex United Overseas Bank (UOB) memprediksi EURUSD dalam jangka pendek masih akan bergerak sideways di kisaran 1.1280 sampai 1.1420, dengan kecenderungan turun, dan tidak menutup kemungkinan menembus ke abwah 1.1280 meski tiak akan mencapai level terendah tahun ini di kisaran 1.1213.
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI