0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Outlook Perlambatan Ekonomi Zona Euro Turut Menekan Harga Minyak

Commodity
8 April 2019 | 21:01 WIB

Harga minyak lanjut melemah hingga perdagangan sesi AS hari ini dan membentuk level terendah harian baru di level $55.11 per barel. Perlambatan ekonomi global yang semakin nyata semakin membebani harga minyak karena akan berimbas pada menurunnya permintaan terhadap minyak. Bahkan rilis data non-farm payrolls (NFP) AS yang menunjukan bahwa penambahan tenaga kerja AS hanya bertambah 20 ribu, di bawah ekspektasi 180 ribu, direspon negatif oleh pasar dan menambah tekanan untuk harga minyak.

Sejak European Central Bank (ECB) kemarin memutuskan untuk bersikap dovish dan akan menahan tingkat suku bunga di angka 0,00%, outlook perlambatan ekonomi di Zona Euro semakin jelas dan dipandang mengkhawatirkan oleh pasar. Pasalnya, bank sentral dari kelompok 19 negara tersebut masih membutuhkan stimulus untuk bisa menopang perekonomiannya.

Sebelum ECB, China juga sudah memangkas angka pertumbuhan ekonominya yang hanya di angka 6% - 6,5%, yang merupakan angka terendah sejak 1990. Perlambatan ekonomi di China kerap menjadi katalis penggerak harga minyak. Perlambatan ekonomi akan berimbas pada menurunnya permintaan terhadap minyak.

Padahal OPEC dan Rusia masih terus berkomitmen untuk terus memangkas angka produksinya sepanjang tahun 2018 untuk bisa menopang harga minyak. Namun kondisi persediaan minyak di AS yang terus memperlihatkan penambahannya menjadi salah satu yang membuat harga minyak belum bisa menguat.

Hingga pukul 20.58 WIB harga minyak diperdagangkan di level 55.15, melemah tajam hampir 2% dari harga penutupan pada perdagangan kemarin di level 56.40.

Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI