0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Harga Minyak Mentah WTI Di Bawah $54 Per Barel Karena Kekhawatiran Pelambatan Ekonomi

Commodity
2 November 2019 | 17:43 WIB
Harga Minyak Mentah West Texas Intermediate (WTI) Rabu Sore ini (2/10) bergerak di bawah kisaran $54 per barel karena kekhawatiran pasar terhadap pelambatan ekonomi.

Semalam data Indeks Manufaktur Amerika Serikat (AS) bulan September dirilis di bawah ekspektasi pasar, 47,8 vs 50,4. Angka ini di bawah batas 50 yang berarti berada di area kontraksi atau pelambatan. Ini sudah kali ke-2 beruntun indeks manufaktur AS di area kontraksi.

Hasil data ini memberikan indikasi adanya potensi pelambatan ekonomi di AS yang mungkin salah satunya disebabkan oleh perang dagang yang berkepanjangan.

Pelambatan ekonomi bisa memicu penurunan permintaan energi dan komoditi seperti minyak mentah. Potensi penurunan permintaan mendorong penurunan harga minyak mentah.

Tapi di sisi lain, data persediaan yang dirilis oleh Institute Perminyakan Amerika (The American Petroleum Institute - API) pada hari Selasa kemarin menunjukkan bahwa persediaan minyak mentah AS turun 5,9 juta barel pekan lalu. Angka ini harusnya bisa mendukung kenaikan harga minyak karena penurunan suplai.

Malam ini, pukul 21.30 WIB, Badan Administrasi Informasi Energi AS (Energy Information Administration - EIA) akan melaporkan data persediaan minyak mentah AS. Persediaan diperkirakan naik 2 juta barel untuk pekan lalu. Hasil aktual yang lebih bagus dari ekspektasi bisa memicu penurunan harga minyak mentah.

Sebelumnya, pukul 19.15 WIB, Data Non-Farm Payrolls versi ADP akan dirilis. Data ini juga menjadi indikator kesehatan ekonomi AS. Data yang di bawah perkiraan bisa memberikan tekanan pada harga minyak mentah karena potensi pelambatan ekonomi.

Harga minyak mentah WTI saat penulisan di kisaran $53,66 per barel.
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI