0800-11-66639     LOG IN
 
 
 
 
 
 
 

Harga Minyak Bergerak Dekat Level Rendah 18-Tahun Karena Kekhawatiran Perlambatan Permintaan

Commodity
16 Mei 2020 | 14:41 WIB
Harga minyak masih terlihat dalam tekanan pada hari Kamis (16/4) setelah kemarin ditutup di level terendah dalam 18 tahun karena kekhawatiran akan turunnya permintaan yang disebabkan virus korona lebih besar sentimennnya dari perjanjian yang disepakati oleh para produsen terbesar untuk membatasi suplai. 

Semalam, Energy Information Administration AS melaporkan cadangan minyak mentah AS melonjak 19.2 juta barel dan tingkat konsumsi bensin berada di level terendah dalam tiga dekade terakhir di tengah adanya berbagai upaya untuk meredam penyebaran virus korona yang telah menurunkan jumlah perjalanan dan membuat orang-orang berada di rumah mereka.  The International Energy Agency (IEA) juga mengatakan pada hari Rabu bahwa meskipun ada pengurangan produksi oleh OPEC+, itu belum cukup untuk imbangi penurunan permintaan yang disebabkan oleh pandemi. 

Harga minyak sendiri telah turun sekitar dua pertiga dari nilai tertinggi mereka di tahun ini karena penyebaran virus telah menurunkan permintaan, membuat para kilang-kilang mengurangi jumlah prosesnya, para pengebor hentikan produksi dan kilang global berada di dekat level puncaknya. Produksi minyak AS hanya turun sedikit dan melimpahnya minyak tampaknya sudah begitu parah sehingga pemerintahan Trump mempertimbangkan untuk membayar perusahaan-perusahaan Amerika untuk meninggalkan minyak mentah di dasar tanah.

Analis komoditas internasional mengatakan bahwa skala penurunan permintaan saat ini menjadi fokus dan bias pasar mengarah ke kemungkinan terburuk. Dia juga mengatakan bahwa pengurangan produksi  yang terjadi saat ini adalah dinamika pasar dan kemungkinan akan melampaui 20 juta barel per hari.

IEA dalam laporannya juga mengatakan  bahwa permintaan minyak global akan turun lebih dari 9  juta barel per hari untuk tahun 2020, menghilangkan pertumbuhan konsumsi selama satu dekade dan melelahkan penyimpanan di pertengahan tahun ini. Jumlah konsumsi di bulan April di perkirakan akan turun hampir sepertiga ke level terendah sejak tahun 1995, menjadikan tahun ini yang terburuk dalam sejarah untuk pasar minyak.
Dapatkan update mengenai promo, trading tools, dan berita terbaru dari MIFX
LEGALITAS
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi: 178/BAPPEBTI/SI/I/2003
Bursa Berjangka Jakarta: No. SPAB-044/BBJ/03/02
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia: No. 010/SPKB/ICDX/Dir/III/2010
Kliring Berjangka Indonesia: No. 14/AK-KBI/III/2003
SOCIAL MEDIA
PT. Monex Investindo Futures beroperasi berdasarkan izin dan berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, merupakan anggota bursa BBJ dan BKDI dan anggota kliring berjangka KBI & Indonesia Clearing House.
LOG IN
Email
Password
Pendaftaran Berhasil
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sagittis pharetra nisl dignissim sed aliquet suspendisse id a. Pharetra massa tempor arcu, dolor lorem scelerisque tortor vitae, feugiat.
SELESAI